Rabu, 09 November 2011



Kenapa Lebih Memilih Beternak Domba dari Pada Kambing

a. Dagingnya untuk di masak jauh lebih empuk dan enak.
Secara serat lebih halus dan mudah masak, makanya tidak heran banyak tukang sate yang lebih memilih domba di bandingkan kambing, beberapa tukang sate yang anda tahu, pasti dia menggunakan daging domba, secara nama menggunakan nama sate kambing namun pelaksanaannya menggunakan domba.
Banyak orang beranggapan Daging Domba lebih bau prengus dibanding Kambing, padahal justru Kambing yg lebih bau prengus, mungkin orang melihat dari bulu domba yang terkesan kotor, dekil, gembel oleh karena itu disarankan 3 bulan sekali bulu domba dicukur.

b. Tingkat air di dalam kandungan daging domba lebih sedikit.
Hal ini terbukti dari hasil penelitian izi yang dilakukan oleh Dept GIZI DEPKES RI, dimana  domba memiliki 66,3 sementara kambing 70,3, hal ini yang acap kali mempengaruhi penyusutan dan karkas yang di dapat dari pemotongan hewan ternak (namun ini juga di pengaruhi pakan ternak). Hal ini memberikan kita bukti bahwa memang karkas yang didapat dari domba jauh lebih banyak di banding karkas yang dihasilkan oleh kambing.

c. Tingkat umur penggunaan domba dan kambing.
Kalau kita lihat dari umur penggunaan ternak disebutkan bahwa untuk kurban domba memiliki batasan umur yang lebih baik di bandingkan kambing dimana :
§    Domba qibas/Amlah : 1 Tahun.
§    Kambing jawa (kacangan)  : 2 Tahun.
Di sini membuat kita pengguna domba lebih mudah dalam memilih ternak, karena batasan umur domba yang lebih muda untuk dikurbankan.

d. Harga domba lebih murah dibanding kambing
Harga di dunia KADO (Kambing Domba) sering kita sebut sebagai dunia yang bias. Karena sebagai contoh saja pada saat memilih ternak ke tukang kambing apakah anda akana menanyakan berat dll? Pasti tidak! Namun yang anda lihat hanya perawakan/paras dan gaya dari si ternak. Hal ini memang menjadi lumrah karena memilih ternak buat kurban juga memiliki faktor subjektivitas dan kepuasan tawar menawar. Hal ini menurut kami memang untuk beberapa tahun ini wajar mengingat :
§   Kambing dengan ukuran yang sama dengan domba memiliki perawakan yang lebih tinggi (karena kambing besarnya meninggi) sementara domba semakin besar dia semakin kesamping bukan ke atas.
§  
      Kambing lebih terkenal di Jakarta dibandingkan domba.

e. Domba lebih tahan Cuaca dan penyakit dibanding kambing
Perawatan Domba lebih mudah dibandingkan kambing, lebih mudah mencari pakannya ( rumput) dibanding kambing walaupun kambing juga suka rumput tetapi lebih menyukai dedaunan...untuk beternak didaerah saya yang dekat dengan danau lebih banyak rumput dibanding dedaunan. pengalaman saya kambing terutama kambing yang didatangkan dari Jawa atau bukan kambing asli daerah saya mudah sekali terserang penyakit seperti scabies( Budug), penyakit mulut ( orf ) dan mencret serta penyesuaian lingkungan lebih lama dibanding domba. 
Untuk calon peternak pemula seperti saya,  saya sarankan beternak domba dibanding kambing karena :

·   Domba mempunyai nafsu makan lebih besar dari pada kambing 
·   Domba mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap penyakit dari pada kambing.
· Domba mempunyai sifat lebih tenang sehingga mempunyai gerakan yang lebih sedikit, sehingga           lebih cocok untuk usaha penggemukan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar